Skip to main content

Belajar recording music video



"Sahabat Setia (Naura), cover by Chicha & Voofhea", ini hasil recording music video pertamaku.

Cover lagu ini dikerjakan saat weekend tentunya. Karena mungkin hari lain anak-anak maupun orang tua sudah sibuk dengan pekerjaan, PR, les, dll.

Saat cover lagu ini, sebelumnya aku dan istriku recording lagu "Romansa Masa Lalu"nya Glenn, tapi agak ragu-ragu untuk direlease hahaha (soalnya jelek).

Lagu kedua ini awalnya tidak direncanakan. Jadi sebelum recording, berlatih dulu deh.
Awalnya Mama yang bermain gitar. Namun sepertinya kok agak canggung dan kurang konsentrasi, akhirnya aku gantikan bermain gitar tapi tidak masuk ke dalam layar.

Persiapannya memang cukup lumayan, karena ini mungkin cover pertama menggunakan lighting beneran, dan live recording juga. Beberapa peralatan yang aku siapkan untuk recording video yang cukup ok dengan suara jernih dan cahaya yang ok sebagai berikut.


1. Lighting.
Lighting yang digunakan ada 2 lampu. Satu lampu naked persis di tengah menyorot dari belakang. Lampu ke dua menggunakan softbox dari depan sudut sebelah kanan. Lampu depannya setelah dilihat sebenarnya seharusnya diletakkan di tengah supaya pencahayaan fill-in terhadap wajah bisa merata untuk 2 penyanyi. Adapun lampu menggunakan Goldenshell EC300. Lampu ini punya "mumangers", klub fotografiku dulu, kita patungan beli lampu ini bareng-bareng, terakhir posisi lampu ada di Adit, jadi kemarin janjian supaya dia membawa lampu itu untuk aku pinjam.

2. Kamera
Kamera aku pakai fujifilm XE-2, the one and only camera. Juga lensa satu-satunya fixed lens fujinon 23mm/ f 1.2. Kamera ini aku mounting di tripod manfrotto.

3. Sound card
Sound card dibutuhkan untuk merekam suaranya lebih jernih. Mengandalkan hanya mic dari kamera tentunya tidak mumpuni. Jadi aku pakai steinberg UR22mk2 untuk sound interfacenya dicolok ke laptop via usb.

4. Laptop & Software DAW
Laptop yang kupakai Dell G3, i7, memory 8GB. Dicolokin sound card untuk merekam  suaranya. Software Digital Audio Workstation (DAW) yang kupakai bawaan dari sound cardnya dapat gratis license, Cubase AI 9.

5. Mic condenser
Microphone aku pakai mic condenser yang murah meriah. Pakai AT 2020. Karena belum terlalu pro juga, jadi pakai mic ini sudah cukup ok. Di kamar masih ada mic condenser behringer C1 dan samson c01 yang sudah tidak digunakan, entah kenapa sering hilang suaranya saat di tengah rekaman menggunakan phantom power.

Take videonya lumayan memakan banyak waktu,terutama jika ada kesalahan. Harus take ulang, karena memang live recording. Berbeda kalau tadinya gitarnya ditake duluan, mungkin tinggal take vocal saja, dan vocalis tinggal dengar via headphone. Cuma ya itu lah, kadang waktunya yang tidak sempat atau tidak disempatkan kalau tidak tiba-tiba dan spontan.

Semoga selanjutnya terwujud video-video yang lain.


Comments

Popular posts from this blog

Pilih kulkas SHARP!

Minggu kemarin kami membeli kulkas baru. Prosesnya agak sedikit lucu, karena sebelumnya kita pergi ke electronic city di Botani Square untuk melihat-lihat saja. Setelah hampir 1 jam ngobrol2 dengan salesnya kita memutuskan beberapa merk dan tipenya yang menjadi pilihan. Ada 2 merk yang kita pilih, yaitu Samsung dan LG. Tipenya kurang lebih 400-450 liter.
Tapi entah kenapa saat itu kita lupa membawa kartu atm bni untuk melakukan debit pembayaran. Sementara bonus dari kantorpun belum turun, jadi dana di kartu atm mandiri masih kosong. Terpaksalah kita pulang dengan tangan hampa, terlebih barangpun memang indent kalau kita jadi pembelian. Kita sangat tertarik dengan diskon yang hampir 30% diadakan di toko itu, dan terakhir katanya hari itu pula.

Setelah pulang, kita sepakat jalan-jalan ke BellaNova, sekalian cari perbandingan kulkas yang lain disana. Kalau misalnya memang tidak ada yang cocok, kita akan balik lagi ke electronic city untuk menjadikan pembeliannya. Sampai disana benar sa…

Mesin Cuci Baru Samsung Bikin Listrik nge-Jepret

Beberapa waktu yang lalu saya beli mesin cuci baru di Hartono Elektronik. Merk Samsung, Front Loading, seri: WW85H5400EW.
Saat barang sampai, saya langsung coba pasang sendiri. Karena begitu lihat instruksinya sederhana, hanya melepas 4 baut yang mengunci saja, dan sudah langsung bisa digunakan. 
Masalahnya adalah: Listrik saya dayanya 1300 watt. Saat saya coba mencuci pakaian, saya nyalakan dan pilih mode mencucinya, berjalan lancar. Saya langsung pencet START. Mesin cuci pun mulai mengisi air dari air pam di rumah saya. Saat selesai mengisi air, listrik rumah langsung "nge-jepret". Saya naikkin lagi mcb-nya, dan mesin cuci start lagi. Jepret lagi. Sampai beberapa kali saya naikkin, baru mesin cuci bisa berjalan lancar. 
Keanehan ini pun saya analisa dan ujicoba: Pompa air: saya akhirnya pakai jalur air yang tidak menggunakan pompa air (langsung dari pam), untuk mengurangi konsumsi listrik. Tapi listrik tetap turun. AC: saya matikan ac dan lampu untuk mengurangi konsumsi list…

KECEWA dengan BIGTV !

Sekitar sebulan yang lalu saya mencoba pasang bigtv karena katanya lebih murah dan pilihan channel lebih banyak dalam satu paket.
Di rumah sebenarnya sudah langganan indovision dan berjalan dengan baik. Tapi karena ingin membandingkan, ingin mencoba yang baru, dan kalau memang bagus akan mengganti yang lama dengan yang lebih bagus, maka akhirnya saya coba berlangganan bigtv.

AWALNYA SUDAH KURANG BAGUS, TEKNISI AMATIR.
Teknisi yang datang untuk proses instalasi sudah bermasalah dari awalnya. Proses cabling tidak berjalan baik, sehingga siaran tidak dapat ditangkap dalam sekali instalasi. Besoknya teknisinya datang lagi dengan membawa seniornya, dan akhirnya siaran dapat berjalan baik (walaupun sinyal kecil sekali). Kabel coaxial di rumah saya sebenarnya sudah ditanam duluan saat proses renovasi rumah, sehingga tidak perlu penarikan kabel baru ke dalam rumah, hanya tinggal menyambung di atas. Adapun proses instalasi adalah di kamar saya dan sudah ada kabel instalasinya. Teknisi pada awa…