Skip to main content

Erdemu Bayu - Julbintor Kembaren



 2 hari kemarin proyek pribadi mengerjakan lagu buat pemberkatan pernikahan.

Saat PJJ (perpulungen jabu-jabu atau persekutuan keluarga) SWRJ jumat kemarin, aku disemangati semua teman-teman untuk menciptakan lagu buat pasu-pasu/ pemberkatan pernikahan. Senangnya punya kawan yang "provokatif" dalam arti yang positif, memberi semangat sebagai tenaga ekstra melakukan sesuatu yang out of the box.

Di perjalanan pulang PJJ, aku jadi semangat mencari ide untuk lagu pasu-pasu.
Awalnya mencoba mencari-cari hal yang spesial tentang pernikahan di alkitab, baru sadar bahwa Yesus justru pertama kali datang untuk melakukan mujizat kepada pernikahan. 
Akhirnya sampai rumah, membaca ulang lagi cerita di Yohanes 2, mengenai perkawinan di Kana. 
Entah bagaimana, mendapatkan inspirasi bahwa apa yang Tuhan Yesus lakukan di situ sebenarnya menggambarkan apa yang Tuhan inginkan dalam sebuah pernikahan. 

Aku mendapat not dan nada untuk bait dahulu. Kukunci nada dan lirik pertamanya yaitu erdemu bayu. Langsung juga kubuat judul lagunya dengan Erdemu Bayu itu, karena pas juga sesuai dengan judul perikopnya. 

Saat mencari bridge, semakin dirasa sulit. Ingin rasanya aku berhenti karena merasa buntu. Tapi kupaksakan diriku tetap memegang gitar dan mencoba terus mencari nada yang pas dengan merekamnya di hp. Kuulang entah berapa puluh kali hal tersebut, sampai akhirnya dapat yang pas. 

Bagian tersulit adalah Reff. Bagian ini memang seharusnya punya punch line yang mengena, supaya bisa dapat klimaks lagunya. Aku putus asa. Aku tidur-tiduran dan kubiarkan gitar di sebelahku. Aku nonton tv dulu sebentar, makan cemilan sebentar, main game sebentar. Namun pikiranku tidak pernah lepas dari sebuah pertanyaan "Apa sebenarnya inti yang ingin diceritakan Yohanes 2 tentang perkawinan di Kana ini?". Beberapa nada yang sudah aku temukan sebelumnya dan sudah direkam, aku putar kembali. Tapi entah kenapa tidak ada yang nyantol untuk dijadikan Reff. Sudah ada yang sepertinya cocok, tapi aku masih merasa kurang pas. 

Tiba-tiba, out of nowhere, aku genjreng dengan kenceng gitarku, bernyanyi selepasnya dalam satu buah runutan lirik, muncullah kalimat "I ubah Jesus jadi anggur...lau si biasa jadi meherga!". 
OMG, this is it kupikir. Langsung kurecord nadanya supaya tidak hilang. Lirik berikutnya menjadi pelengkap untuk itu. 

Dan akhirnya jadi juga lagunya, judulnya Erdemu Bayu, yang terinspirasi dari kitab Yohanes 2, saat Yesus mengubah air menjadi anggur di perkawinan di Kana.
Lagu ini menceritakan bahwa isi lah rumah tangga kita dengan kasih sayang seperti mengisi guci dengan air yang penuh, maka Yesus akan mengubah dari air biasa menjadi mahal dan luar biasa. Di sebuah pernikahan, Tuhan ingin sampai masa tua kita, semakin saling mengasihi.

Besok paginya aku bangun santai-santai karena hari sabtu. Aku coba beresin sekalian recording supaya lagunya udah beres. Seharian aku di laptop, melakukan proses recording, take gitar dan vocal. Kutambahkan suara 1 dan 2 dengan suaraku sendiri. Kuiringi fill-in nya dengan strings, drum secukupnya tidak perlu terlalu banyak variasi. Malam kulanjutkan lagi. Baru beres jam 1 pagi. Kupaksakan membuat sekalian videonya dan upload ke fb. Setelah itu jam 2 langsung terlelap tidur. Pagi-pagi terbangun karena suara alarm jam 5.30 karena harus berangkat ke cibubur untuk mengantarkan SWRJ tukar mimbar dan bernyanyi "Penampatku", lagu ciptaanku juga. Bangunnya sih cepet, eh setelah itu ketiduran lagi. Untung jam 7 ditelponin sama Bella, kebangun. Langsung mandi dan berangkat. Fiuh!

Erdemu Bayu
Cipt. Julbintor Kembaren

Erdemu bayu
Jesus ikutlah
Pasu-pasu-Ndu
Maka malerlah

(Bridge)
Isi gucindu alu lau seh dem
Kelengi jabundu
Tuhanta perkeleng

(Reff)
I ubah Jesus jadi anggur
Lau si biasa jadi meherga
Bagepe jabundu duana
Seh asa tua
Seh kel ulina

Comments

Popular posts from this blog

Pilih kulkas SHARP!

Minggu kemarin kami membeli kulkas baru. Prosesnya agak sedikit lucu, karena sebelumnya kita pergi ke electronic city di Botani Square untuk melihat-lihat saja. Setelah hampir 1 jam ngobrol2 dengan salesnya kita memutuskan beberapa merk dan tipenya yang menjadi pilihan. Ada 2 merk yang kita pilih, yaitu Samsung dan LG. Tipenya kurang lebih 400-450 liter.
Tapi entah kenapa saat itu kita lupa membawa kartu atm bni untuk melakukan debit pembayaran. Sementara bonus dari kantorpun belum turun, jadi dana di kartu atm mandiri masih kosong. Terpaksalah kita pulang dengan tangan hampa, terlebih barangpun memang indent kalau kita jadi pembelian. Kita sangat tertarik dengan diskon yang hampir 30% diadakan di toko itu, dan terakhir katanya hari itu pula.

Setelah pulang, kita sepakat jalan-jalan ke BellaNova, sekalian cari perbandingan kulkas yang lain disana. Kalau misalnya memang tidak ada yang cocok, kita akan balik lagi ke electronic city untuk menjadikan pembeliannya. Sampai disana benar sa…

KECEWA dengan BIGTV !

Sekitar sebulan yang lalu saya mencoba pasang bigtv karena katanya lebih murah dan pilihan channel lebih banyak dalam satu paket.
Di rumah sebenarnya sudah langganan indovision dan berjalan dengan baik. Tapi karena ingin membandingkan, ingin mencoba yang baru, dan kalau memang bagus akan mengganti yang lama dengan yang lebih bagus, maka akhirnya saya coba berlangganan bigtv.

AWALNYA SUDAH KURANG BAGUS, TEKNISI AMATIR.
Teknisi yang datang untuk proses instalasi sudah bermasalah dari awalnya. Proses cabling tidak berjalan baik, sehingga siaran tidak dapat ditangkap dalam sekali instalasi. Besoknya teknisinya datang lagi dengan membawa seniornya, dan akhirnya siaran dapat berjalan baik (walaupun sinyal kecil sekali). Kabel coaxial di rumah saya sebenarnya sudah ditanam duluan saat proses renovasi rumah, sehingga tidak perlu penarikan kabel baru ke dalam rumah, hanya tinggal menyambung di atas. Adapun proses instalasi adalah di kamar saya dan sudah ada kabel instalasinya. Teknisi pada awa…

Mesin Cuci Baru Samsung Bikin Listrik nge-Jepret

Beberapa waktu yang lalu saya beli mesin cuci baru di Hartono Elektronik. Merk Samsung, Front Loading, seri: WW85H5400EW.
Saat barang sampai, saya langsung coba pasang sendiri. Karena begitu lihat instruksinya sederhana, hanya melepas 4 baut yang mengunci saja, dan sudah langsung bisa digunakan. 
Masalahnya adalah: Listrik saya dayanya 1300 watt. Saat saya coba mencuci pakaian, saya nyalakan dan pilih mode mencucinya, berjalan lancar. Saya langsung pencet START. Mesin cuci pun mulai mengisi air dari air pam di rumah saya. Saat selesai mengisi air, listrik rumah langsung "nge-jepret". Saya naikkin lagi mcb-nya, dan mesin cuci start lagi. Jepret lagi. Sampai beberapa kali saya naikkin, baru mesin cuci bisa berjalan lancar. 
Keanehan ini pun saya analisa dan ujicoba: Pompa air: saya akhirnya pakai jalur air yang tidak menggunakan pompa air (langsung dari pam), untuk mengurangi konsumsi listrik. Tapi listrik tetap turun. AC: saya matikan ac dan lampu untuk mengurangi konsumsi list…