Skip to main content

Proposal Disertasi

Perjalanan menuju doktor masih panjang...

Ujian kualifikasi selesai pada tgl 12 maret 2016.

Pengumuman kelulusan pada tanggal 19 maret 2016. Puji Tuhan lulus, dan sudah bisa dinobatkan menyandang gelar Doctor Candidate hehehe. Aku mendapatkan SK untuk tim promotor, terdiri dari Prof. Har, Dr. Dyah, dan Dr. Ford. Puji Tuhan juga.

Tanggal 31 Maret 2016 adalah presentasi pertamaku untuk outline penelitian di depan tim promotor bertiga. Hasilnya Puji Tuhan, model penelitian disetujui, dan diminta segera menyelesaikan proposal dalam waktu 1 bulan ke depan.

Setelah itu, aku mulai menyadari, bahwa perjalanan penelitian ini tidak akan mudah, menyelesaikan studi doktor tidaklah mudah. Masukan-masukan dari tim promotor sangat konseptuan dan mengena, bahwa 90% mahasiswa doktor tidak bisa menyelesaikan penelitian, penelitian tidak perlu yang rumit dan wah, yang penting bisa selesai.

Aku mulai berkomitmen untuk membuka file draft proposal penelitianku SETIAP HARI, walaupun itu hanya menambah satu baris di dalamnya. Itu aku coba lakukan dengan komitmen. Terlebih dari tim promotor memberi saran outline penelitian yang aku tulis sebelumnya dalam bahasa inggris di change ke indonesia, supaya tidak menjadi hambatan dalam penulisan dan cek plagiat. Sehingga memang aku harus menuliskan ulang semua bab 1-3 di dalam outlineku untuk menjadi proposal penelitian.

Tanggal 26 April 2016 aku mendapat green-light dari tim promotor bahwa proposal penelitianku sudah OK, dan diminta untuk dicetak dan dimasukan untuk disahkan. Sabtu ini tanggal 30 April aku diminta ke kampus untuk membawa hardcopy untuk disubmit. Puji Tuhan! Padahal dalam hati, masih banyak kekurangan di sini-sana untuk proposal, tapi tim promotor sudah mengatakan hal tersebut cukup. Aku sampai info ke tim promotor bahwa masih merasa kurang di Bab 3, dan diminta sambil diberesin dan dikumpulin. Juga diminta ikut workshop path analysis, dimana ikut bersama angkatan kelas yang di atasnya.

Perjalanan ini masih panjang tentunya. Walau ada beberapa rencana, aku masih belum terpikir bagaimana mengumpulkan data. Sering yang terlintas justru ketidakmampuan aku nantinya menyelesaikannya apakah bisa atau tidak. Tapi justru di tengah ketidakmampuan ini, justru berusaha terus menimbulkan iman bahwa Tuhan akan membantu di tengah semua ketidakmampuanku untuk menyelesaikan ini.

Setiap pergi ke kuliah, aku mencoba untuk tetap menjaga semangat, spirit harus tetap tinggi, dan memotivasi diri, kadang dengan teriak-teriak di mobil untuk memicu adrenalin dan meningkatkan antusiasme diri sendiri. Di bawah ini contoh kegiatanku di dalam perjalanan menuju ke kampus untuk kuliah saat hari sabtu...

Sometimes i wanna give up
Sometimes i wanna give in
I wanna quit the fight

But when i look out you baby
Everything is alright
Everything is alright


Jika aku memulai bersama Tuhan, maka Tuhan juga yang akan memberikan kekuatan untuk menyelesaikannya...




Comments

Popular posts from this blog

Pilih kulkas SHARP!

Minggu kemarin kami membeli kulkas baru. Prosesnya agak sedikit lucu, karena sebelumnya kita pergi ke electronic city di Botani Square untuk melihat-lihat saja. Setelah hampir 1 jam ngobrol2 dengan salesnya kita memutuskan beberapa merk dan tipenya yang menjadi pilihan. Ada 2 merk yang kita pilih, yaitu Samsung dan LG. Tipenya kurang lebih 400-450 liter.
Tapi entah kenapa saat itu kita lupa membawa kartu atm bni untuk melakukan debit pembayaran. Sementara bonus dari kantorpun belum turun, jadi dana di kartu atm mandiri masih kosong. Terpaksalah kita pulang dengan tangan hampa, terlebih barangpun memang indent kalau kita jadi pembelian. Kita sangat tertarik dengan diskon yang hampir 30% diadakan di toko itu, dan terakhir katanya hari itu pula.

Setelah pulang, kita sepakat jalan-jalan ke BellaNova, sekalian cari perbandingan kulkas yang lain disana. Kalau misalnya memang tidak ada yang cocok, kita akan balik lagi ke electronic city untuk menjadikan pembeliannya. Sampai disana benar sa…

Mesin Cuci Baru Samsung Bikin Listrik nge-Jepret

Beberapa waktu yang lalu saya beli mesin cuci baru di Hartono Elektronik. Merk Samsung, Front Loading, seri: WW85H5400EW.
Saat barang sampai, saya langsung coba pasang sendiri. Karena begitu lihat instruksinya sederhana, hanya melepas 4 baut yang mengunci saja, dan sudah langsung bisa digunakan. 
Masalahnya adalah: Listrik saya dayanya 1300 watt. Saat saya coba mencuci pakaian, saya nyalakan dan pilih mode mencucinya, berjalan lancar. Saya langsung pencet START. Mesin cuci pun mulai mengisi air dari air pam di rumah saya. Saat selesai mengisi air, listrik rumah langsung "nge-jepret". Saya naikkin lagi mcb-nya, dan mesin cuci start lagi. Jepret lagi. Sampai beberapa kali saya naikkin, baru mesin cuci bisa berjalan lancar. 
Keanehan ini pun saya analisa dan ujicoba: Pompa air: saya akhirnya pakai jalur air yang tidak menggunakan pompa air (langsung dari pam), untuk mengurangi konsumsi listrik. Tapi listrik tetap turun. AC: saya matikan ac dan lampu untuk mengurangi konsumsi list…

KECEWA dengan BIGTV !

Sekitar sebulan yang lalu saya mencoba pasang bigtv karena katanya lebih murah dan pilihan channel lebih banyak dalam satu paket.
Di rumah sebenarnya sudah langganan indovision dan berjalan dengan baik. Tapi karena ingin membandingkan, ingin mencoba yang baru, dan kalau memang bagus akan mengganti yang lama dengan yang lebih bagus, maka akhirnya saya coba berlangganan bigtv.

AWALNYA SUDAH KURANG BAGUS, TEKNISI AMATIR.
Teknisi yang datang untuk proses instalasi sudah bermasalah dari awalnya. Proses cabling tidak berjalan baik, sehingga siaran tidak dapat ditangkap dalam sekali instalasi. Besoknya teknisinya datang lagi dengan membawa seniornya, dan akhirnya siaran dapat berjalan baik (walaupun sinyal kecil sekali). Kabel coaxial di rumah saya sebenarnya sudah ditanam duluan saat proses renovasi rumah, sehingga tidak perlu penarikan kabel baru ke dalam rumah, hanya tinggal menyambung di atas. Adapun proses instalasi adalah di kamar saya dan sudah ada kabel instalasinya. Teknisi pada awa…