Skip to main content

Kecewa dengan pelayanan dari Toko Musik Melodia Pondok Indah

Tanggal 9 Juli saya beli gitar Godin ACS Natural di Toko Musik Melodia Pondok Indah.
Saya dilayani oleh Mas Azis. Saya sampai dikasih nomor HPnya (08121***6310) supaya kalau ada informasi katanya bisa lebih mudah. Saya merasa customer servicenya cukup baik. Gitar godin pun dibawa pulang lengkap dengan softcase dan kartu garansi melodia.




Seminggu setelahnya baru sadar kalau di bagian bodi gitar ada goresan, tapi di bagian dalamnya (tertutup varnish). Karena merasa terganggu akhirnya saya memutuskan untuk klaim warranty karena di kartu garansinya tertera kalimat:

  • Ketentuan Jaminan (KJ)
    1. Konsumen harus dapat menunjukkan bukti kartu garansi ketika akan memperbaiki barangnya (produk).
    2. Bila konsumen tidak dapat menunjukkan kartu garansi, maka konsumen dapat juga menunjukkan bukti pembelian barang tersebut, yaitu berupa kwitansi yang sah dari toko, dealer, atau distributor resmi. 
    3. Jaminan ini berlaku selama 1 tahun sejak terhitung tanggal pembelian. 
    4. Jaminan kartu garansi akan berlaku bila konsumen mengisi lengkap data yang ada di kartu garansi dan mempunya stempel dealer atau toko dan dikirimkan kembali paling lambat 10 hari sejak tanggal pembelian ke service center. 
    5. Garansi akan diberikan bila kerusakan yang di akibatkan oleh kesalahan pabrik ataupun produksi.
    6. Jaminan garansi tidak termasuk untuk tabung vakum (tube), speaker, kabel, baterai, power supply dan aksesori lainnya. 
    7. Jaminan hanya berlaku untuk pembelian produk yang di distribusikan oleh Melodia. 
  • Ketentuan tidak berlaku bila (KTBL)
    1. Kartu garansi tidak terisi lengkap dan nomor seri tidak sesuai dengan barang yang akan di perbaiki. 
    2. Nomor seri dan model telah terhapus atau cacat di karenakan oleh coretan tangan atau pemalsuan nomor. 
    3. Jaminan atau garansi telah habis masa berlakunya. 
    4. Kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan yang salah atau penggunaan yang tidak sesuai dengan aturan yang telah di terbitkan dari buku petunjuk. 
    5. Kerusakan yang di akibatkan oleh kesalahan konsumen, berupa jatuh, tertimpa beban, terkena air, atau makanan, tegangan listrik yang tidak stabil, kemasukan serangga. 
    6. Kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, tersambar petir, banjir, kebakaran, dan juga akibat kerusuhan ataupun sejenisnya. 
    7. Cacat goresan, karatan, ternoda atau terkontaminasi oleh bahan kimia ataupun lainnya akibat penggunaan sehari-hari. 
    8. Barang atau produk telah di rusak segelnya dan sudah pernah di perbaiki oleh pihak lain yang bukan dari melodia. 
    9. Kesalahan instalasi oleh pihak lain selain melodia.  
Karena hal ini merupakan:
  • Kesalahan pabrik ataupun produksi (KJ no. 5)
  • Bukan tube, speaker, kabel, baterai, power supply dan aksesoris (KJ no. 6)
  • Bukan cacat goresan karena penggunaans sehari-hari (KTBL no. 7)
Maka saya bulatkan tekat untuk klaim garansinya. 

Tanggal 2 September akhirnya saya whats app Mas Azis dari toko Melodia untuk menanyakan perihal ini. Saya kirimkan juga fotonya sesuai permintaannya, Dia tidak reply pertanyaan saya. 

Akhirnya saya telpon di tanggal 3 September saya telpon tokonya untuk menginformasikan perihal gitar Godin saya. Infonya mas Azis sedang melayani customer sehingga tidak sempat reply message saya. Setelah menanyakannya ke atasannya, Mas Azis menginformasikan bahwa "ga bisa mas, kita beli putus". 

Seketika itu juga saya kecewa berat, tapi saya berusaha tidak emosional. Saya menanyakan baik-baik, bahwa di kartu garansi tertera bahwa saya bisa klaim. Kemudian mas Azis ini bilang "ya di bawa aja ke toko, sudah saya bilang sama atasan saya, kartu garansi biasanya untuk kelistrikan". 
Jawaban yan tidak sesuai dengan dokumen otentik yang saya dapat dari Melodia, bahwa justru kalau masalah speaker, kabel, baterai, power supply tidak dapat di klaim garansi. 

Akhirnya saya insist bawa gitarnya beserta dengan kartu garansi. Walau repot untuk bolak-balik bawanya tapi saya masih punya harapan bahwa gitar ini bisa diklaim dan diganti dengan yang "bagus" karena toh sesuai dengan yang tertera di kartu garansinya. 

Sampai di toko, saya bertemu dengan mas Azis juga beserta bosnya (saya tidak tanya namanya). Awalnya mereka menginformasikan bahwa tidak bisa retur ataupun ganti. Tapi saya keluarkan kartu garansi dan minta mereka membacanya. 
Setelah membacanya, mereka kemudian bilang bahwa kalaupun mau ditukar bisa dengan gitar display. Saya langsung shock mendengar usulan mereka, saya langsung merasa tidak dihargai sebagai pelanggan. Kalau memang stoknya tidak ada kan bisa saja mereka usahakan dalam beberapa minggu ke depan, saya sudah bilang bahwa saya rela gitar godin saya diinapkan di toko Melodia. Kemudian mereka masuk lagi ke gudang, entah berdiskusi atau apa. 

Saya menunggu kurang lebih 45 menit disitu, hanya duduk cengo dan menunggu. Untung ada kursi nganggur jadi masih bisa duduk-duduk ngaso. Setelah itu mas Azis keluar dari gudang dan bilang "jadi gimana nih mas?". Loh, saya jadi bingung dengan kalimat pertanyaannya, kok justru dia yang bertanya ke saya bagaimana, bukannya seharus sudah ada progres hasil diskusi mereka untuk hal tersebut. Saya bilang kan ini saya klaim masih sesuai dengan yang tertera di kartu garansi melodia, jadi kalaupun saya harus menunggu 2 minggu, 1 bulan, atau 2 bulan, tidak apa-apa. Asalkan saya bisa mendapat kepastian bahwa gitar saya bisa ditukar dengan yang lebih baik. 

Akhirnya mas Azis ini menyarankan agar gitar godin saya dibawa pulang dulu, dan mereka akan menanyakan ke godinnya dulu. Hari senin tanggal 8 September katanya akan dikabarin. 

Tanggal 8 September saya tunggu kabarnya tidak ada. 
Tanggal 9 September saya tunggu kabarnya tidak ada. 

Tanggal 10 September (hari ini) kemudian muncul mas Azis di whats app saya dengan kalimat singkat dan sederhana "Halo mas, gtr godin ga bisa di tukar, karena bukan kesalahan dr melodia. Mas bisa komplain langsung ke godinnya."
Kalimatnya tidak ada basa-basi dan merendahkan saya sebagai customer. Jadi maksudnya mas Azis ini kesalahan saya karena beli gitar godin di melodia? Begitu hari saya berujar. 

Saya berdebat di whats app dengan berlandaskan kartu garansi melodia. Tapi entah kenapa kartu garansi tersebut seolah-olah diabaikan dan tidak memiliki kekuatan, mas Azis ini hanya bilang bahwa "saya sudah bilang sama atasan saya dan keputusannya begitu, ya itu finalnya ga bisa diganti mas."

Saya bilang bahwa saya kecewa dan tidak akan merekomendasikan toko melodia ke siapapun. Karena kartu warranty cuma kertas yang tidak berlaku. Saya juga bilang bahwa saya akan posting di media (seperti yang saya lakukan sekarang) sebagai ungkapan kecewa saya. Saya sebagai customer merasa dirugikan dan tidak dihargai.

Di tulisan ini saya tidak merekomendasikan kepada teman-teman saya untuk beli toko di Melodia (Pondok Indah), karena pelayanan purna jualnya yang mengecewakan, dan sebaiknya hati-hati memilih barang di toko tersebut karena kemungkinan banyak barang yang serupa seperti yang saya beli. 





Comments

Popular posts from this blog

Mesin Cuci Baru Samsung Bikin Listrik nge-Jepret

Beberapa waktu yang lalu saya beli mesin cuci baru di Hartono Elektronik. Merk Samsung, Front Loading, seri: WW85H5400EW.
Saat barang sampai, saya langsung coba pasang sendiri. Karena begitu lihat instruksinya sederhana, hanya melepas 4 baut yang mengunci saja, dan sudah langsung bisa digunakan. 
Masalahnya adalah: Listrik saya dayanya 1300 watt. Saat saya coba mencuci pakaian, saya nyalakan dan pilih mode mencucinya, berjalan lancar. Saya langsung pencet START. Mesin cuci pun mulai mengisi air dari air pam di rumah saya. Saat selesai mengisi air, listrik rumah langsung "nge-jepret". Saya naikkin lagi mcb-nya, dan mesin cuci start lagi. Jepret lagi. Sampai beberapa kali saya naikkin, baru mesin cuci bisa berjalan lancar. 
Keanehan ini pun saya analisa dan ujicoba: Pompa air: saya akhirnya pakai jalur air yang tidak menggunakan pompa air (langsung dari pam), untuk mengurangi konsumsi listrik. Tapi listrik tetap turun. AC: saya matikan ac dan lampu untuk mengurangi konsumsi list…

Pilih kulkas SHARP!

Minggu kemarin kami membeli kulkas baru. Prosesnya agak sedikit lucu, karena sebelumnya kita pergi ke electronic city di Botani Square untuk melihat-lihat saja. Setelah hampir 1 jam ngobrol2 dengan salesnya kita memutuskan beberapa merk dan tipenya yang menjadi pilihan. Ada 2 merk yang kita pilih, yaitu Samsung dan LG. Tipenya kurang lebih 400-450 liter.
Tapi entah kenapa saat itu kita lupa membawa kartu atm bni untuk melakukan debit pembayaran. Sementara bonus dari kantorpun belum turun, jadi dana di kartu atm mandiri masih kosong. Terpaksalah kita pulang dengan tangan hampa, terlebih barangpun memang indent kalau kita jadi pembelian. Kita sangat tertarik dengan diskon yang hampir 30% diadakan di toko itu, dan terakhir katanya hari itu pula.

Setelah pulang, kita sepakat jalan-jalan ke BellaNova, sekalian cari perbandingan kulkas yang lain disana. Kalau misalnya memang tidak ada yang cocok, kita akan balik lagi ke electronic city untuk menjadikan pembeliannya. Sampai disana benar sa…

Ucapan Syukur Rumah sudah selesai renovasi

Dan 1 hari setelah acara ucapan syukur Mamah jadi Prof di bale binarum, dilanjut dengan ucapan syukur rumah kami yang sudah selesai di renovasi.
Kebetulan keluarga masih banyak yang belum pulang, jadi bisa ikut hadir di acara ini.







Terima kasih kepada Bapak dan Mamah yang sudah luar biasa support untuk terselesaikannya rumah ini. Terutama Bapak yang sudah menjadi kontraktor karena setiap hari harus bolak balik ke cimahpar untuk menengok progres rumah, membeli bahan apa yang kurang, membayar gaji tukang.

Bukan pekerjaan yang mudah untuk melakukan hal itu setiap hari selama 7 bulan. Apalagi menghadapi anak seperti aku yang "banyak maunya" dan sedikit-sedikit komplain, tapi untuk itu semua Bapak tidak pernah marah atau bersitegang denganku. Semua permintaanku diiyakan atau diminta dipikirkan lagi. Bahkan untuk hal-hal yang tidak aku pikirkan tapi ternyata sangat essensial, justru Bapak mendorong untuk direalisasikan. Terima kasih Bapak, semangatmu untuk menyenangkan anak akan sel…