Skip to main content

I'm Back!

Setelah berkutat untuk bisa kembali ke dunia music production (namanya sih keren, artinya sih sebenernya bikin lagu sendiri terus di rekam sendiri), akhirnya kemarin BERHASIL dilakukan.

I'm Back!

Prosesnya tidak mudah memang. Hampir 4 tahun yang lalu menelurkan 1 album berisi 6 lagu ciptaan, kemudian ada beberapa hits single untuk wedding (gayanya udah kaya artis aja wakaka). Setelah itu vakum dan terlibat secara intens dengan dunia photography, sampai akhirnya hey, i'm back!

Tadinya sudah mau beli peralatan recording baru, tapi akhirnya yg lama masih bisa dipake.
Itupun tadinya sempat ada masalah latency di soundcard alesis io2, suara jadi putus-putus dan tidak sinkron, seolah-olah buffer tidak cukup, dan cubase tidak berjalan dengan baik. Tapi akhirnya keajaiban terjadi.

Kronologisnya kira-kira seperti ini:
  1. Recording and Mixing menggunakan PC berisi CUBASE. Sampai akhirnya PC-nya dijual.
  2. Beli Macbook dan pakai LogicPro untuk recording dan mixing. Akhirnya macbooknya terjual juga. 
  3. Ingin beli soundcard baru dengan software baru juga. Entah Presonus + StudioOne/Cubase LE atau M-Audio + ProTools. 
  4. Bersih-bersih peralatan studio di rumah (soundcard Alesis io2, mic condenser behringer B100, ESI nEar 04 monitor speaker, alesis midi controller, dan kabel-kabelnya). 
  5. Testing soundcard alesis io2. Install cubase 3.1 (masih jadul banget ya hehe, sekarang udah versi 6). Sebenarnya punya cubase LE bawaan dari midi controller dan soundcard alesis, tapi cd-nya ngilang entah kemana. 
  6. Hasil testing di laptop jadul (Toshiba, RAM 1.2GB, HDD 70GB) latencynya gede (sampai 100). Cubase mengeluarkan warning, dan di tes sinkron tidak bisa terus. *kayaknya memang laptopnya udah jadul. 
  7. Testing lagi di PC (Rakitan, RAM 2GB, HDD 120 GB). Sama juga latency gede (sampai 120). Bingung dan hampir putus asa *jangan-jangan softwarenya memang bermasalah
  8. Format laptop jadul di point nomor 6. Babat abis deh semua dokumen dari kantor lama (hehe). Langsung fresh install cubase 3.1 lagi. Tetep aja bermasalah di latency, masalah yang sama *indikasi soundcard-nya memang problem. 
  9. Penasaran! Sebelum beli soundcard baru, harus dilakukan searching mendalam dulu. 
  10. Akhirnya coba search driver untuk soundcard. Alesis io2 menggunakan ASIO4ALL yang bisa di download di http://www.alesis.com/company/media2.php?id=D2AHZlQ9BWdUMVQxATE%3D atau filenya langsung di http://www.alesis.com/stuff/contentmgr/files/22/481f4ff637463b51ff6fbaf51a214fcf/file/asio4all_2_10_english.zip 
  11. Abis download di kantor, bawa ke rumah filenya. 
  12. Eh, ternyata ga kebawa ke rumah filenya, kesimpen di laptop kantor.
  13. Download lagi di rumah (bolak balik laptop jadul, dan pc rumah yang terkonek internet). 
  14. Copy ASIO4ALL ke laptop jadul, terus install seperti biasa saja. Tidak ada perubahan yang aneh-aneh. Coba ngatur offline di ASIO4ALL-nya untuk buffer tapi tidak ada pengaruhnya. 
  15. Buka Cubasenya. Rubah di File - Preferences - Master ASIO. Wah, disitu muncul ASIO4ALL, item baru yang bisa dipilih. Langsung pilih itu. 
  16. Setelah dipilih, terlihat latency dari 100an langsung jadi 33 which is sudah rendah dan mendekati 0, dan cukup untuk recording. 
  17. Test syncronize di Cubase dengan driver, dan passed test semua, cubase tidak keluarkan warning lagi tentang masalah latency. 
  18. Coba load file project lama (album Selamanya Ku Kan Tertawa). Yang tadinya putus-putus karena latency tinggi, sekarang berjalan mulus tanpa hambatan. 
  19. Keajaiban terjadi !!!
  20. Itu tengah malem jam 23 dan gw nyoba plug in gitar gw ke soundcard dan record di cubase. Hasilnya bagus! Istri menemani dan menikmati comebacknya gw ke dunia recording (hehehe, love u hun). 
  21. Banyak udah lupa dengan fitur-fitur dan pengaturan efek, automation, groove agent dll, tapi pelan-pelan mulai inget lagi sambil klik sana sini. *gw ternyata orangnya visual dan trial and error banget ya, jarang inget yang kaya begituan tapi pas disentuh lagi bisa inget lagi
  22. Finally, 1 lagu instrumen dengan judul "I'm Back" jadilah malam itu. Hahaha, lagunya memang simpel dan culun karena di record sambil nyoba2 ini itu, tapi biarlah lagu ini menandai I'm Back-nya di dunia permusikan ini (wekekeke). 
  23. Bisa di download di http://www.reverbnation.com/eethorechicha

Comments

  1. ohhh tunggu komment baru muncul addsense nya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mesin Cuci Baru Samsung Bikin Listrik nge-Jepret

Beberapa waktu yang lalu saya beli mesin cuci baru di Hartono Elektronik. Merk Samsung, Front Loading, seri: WW85H5400EW.
Saat barang sampai, saya langsung coba pasang sendiri. Karena begitu lihat instruksinya sederhana, hanya melepas 4 baut yang mengunci saja, dan sudah langsung bisa digunakan. 
Masalahnya adalah: Listrik saya dayanya 1300 watt. Saat saya coba mencuci pakaian, saya nyalakan dan pilih mode mencucinya, berjalan lancar. Saya langsung pencet START. Mesin cuci pun mulai mengisi air dari air pam di rumah saya. Saat selesai mengisi air, listrik rumah langsung "nge-jepret". Saya naikkin lagi mcb-nya, dan mesin cuci start lagi. Jepret lagi. Sampai beberapa kali saya naikkin, baru mesin cuci bisa berjalan lancar. 
Keanehan ini pun saya analisa dan ujicoba: Pompa air: saya akhirnya pakai jalur air yang tidak menggunakan pompa air (langsung dari pam), untuk mengurangi konsumsi listrik. Tapi listrik tetap turun. AC: saya matikan ac dan lampu untuk mengurangi konsumsi list…

Pilih kulkas SHARP!

Minggu kemarin kami membeli kulkas baru. Prosesnya agak sedikit lucu, karena sebelumnya kita pergi ke electronic city di Botani Square untuk melihat-lihat saja. Setelah hampir 1 jam ngobrol2 dengan salesnya kita memutuskan beberapa merk dan tipenya yang menjadi pilihan. Ada 2 merk yang kita pilih, yaitu Samsung dan LG. Tipenya kurang lebih 400-450 liter.
Tapi entah kenapa saat itu kita lupa membawa kartu atm bni untuk melakukan debit pembayaran. Sementara bonus dari kantorpun belum turun, jadi dana di kartu atm mandiri masih kosong. Terpaksalah kita pulang dengan tangan hampa, terlebih barangpun memang indent kalau kita jadi pembelian. Kita sangat tertarik dengan diskon yang hampir 30% diadakan di toko itu, dan terakhir katanya hari itu pula.

Setelah pulang, kita sepakat jalan-jalan ke BellaNova, sekalian cari perbandingan kulkas yang lain disana. Kalau misalnya memang tidak ada yang cocok, kita akan balik lagi ke electronic city untuk menjadikan pembeliannya. Sampai disana benar sa…

Ucapan Syukur Rumah sudah selesai renovasi

Dan 1 hari setelah acara ucapan syukur Mamah jadi Prof di bale binarum, dilanjut dengan ucapan syukur rumah kami yang sudah selesai di renovasi.
Kebetulan keluarga masih banyak yang belum pulang, jadi bisa ikut hadir di acara ini.







Terima kasih kepada Bapak dan Mamah yang sudah luar biasa support untuk terselesaikannya rumah ini. Terutama Bapak yang sudah menjadi kontraktor karena setiap hari harus bolak balik ke cimahpar untuk menengok progres rumah, membeli bahan apa yang kurang, membayar gaji tukang.

Bukan pekerjaan yang mudah untuk melakukan hal itu setiap hari selama 7 bulan. Apalagi menghadapi anak seperti aku yang "banyak maunya" dan sedikit-sedikit komplain, tapi untuk itu semua Bapak tidak pernah marah atau bersitegang denganku. Semua permintaanku diiyakan atau diminta dipikirkan lagi. Bahkan untuk hal-hal yang tidak aku pikirkan tapi ternyata sangat essensial, justru Bapak mendorong untuk direalisasikan. Terima kasih Bapak, semangatmu untuk menyenangkan anak akan sel…