Persiapan Sidang Promosi

by - August 09, 2017

Tanggal 19 Agustus 2017 dijadwalkan untuk sidang terbuka atau sidang promosi doktor.

Persiapan cukup banyak, mulai dari yang terkait disertasinya seperti ringkasan disertasi, poster, presentasi, narasumber, HAKI, termasuk juga proses persetujuan dari tim penguji dan tim promotor.

Hal yang terkait acaranya pun masuk ke dalam list pengerjaan seperti undangan, nama yang akan diundang, tas goodie bag, souvenir, konsumsi, dll.

Prosesnya sangat menyita pikiran dan jiwa.
Kalau orang banyak yang bilang bahwa sidang promosi hanya formalitas, bahwa semuanya sudah selesai saat sidang tertutup, saya melihatnya bukan demikian.
Saya justru melihat bahwa sidang terbuka atau sidang promosi adalah sebuah pertaruhan terhadap tanggung jawab riset yang sudah saya lakukan terhadap publik. Di saat itu yang diundang adalah rekan-rekan dari industri yang notabene ada kaitannya dengan industri ataupun topik risetnya. Termasuk saya mengundang dari vendor-vendor yang terkait juga dengan topik yang ada, seperti SAP, OWL, dan lainnya. Hal ini tentunya bukan hal yang mudah, mempertanggung jawabkan, dan mempresentasikan bahwa apa yang menjadi temuan di dalam penelitian yang saya lakukan adalah sesuatu yang berharga dan perlu ditindak lanjuti.

Selain itu pun diundang keluarga. Sedekat-dekatnya keluarga, hal ini juga menjadi momok penting, karena mereka adalah orang-orang terdekat yang bisa menilai dan mengharapkan sesuatu yang terbaik muncul pada hari itu.

Yang pasti, beberapa hari ini otakku seakan-akan beku untuk menyelesaikan power point presentasi yang akan dipresentasikan. Dari semua persiapan, puji Tuhan sudah bisa diselesaikan. Tersisa satu, file presentasi, which is yang paling penting dari semua persiapan yang lain.

May God help me...










You May Also Like

0 comment