Lulus Sidang Hasil

by - February 24, 2017


 Tanggal 24 februari 2017, aku bangun pagi-pagi jam 4 untuk bersiap-siap berangkat menuju kampus binus anggrek. Hari ini sidang hasil disertasi. Jadwal jam 08, jadi harus sudah berangkat jam 04.30 supaya terhindar dari macet.

Tadi malam, print handout presentasi disertasi dibantu oleh istriku tercinta, diprint saat aku belum sampai rumah dari kantor. Tinta habis, akhirnya ada 1 set handout yang harusnya warna biru menjadi warna pink. Ya sudah tak apa lah, bukan saatnya lagi perfeksionis kalau sudah mepet begini.
Waktunya menjilid, mencari jilid spiral. 2 tempat fotocopy yang didatangi tidak menyediakan jilid spiral. Duh! Tadinya mau ke daerah pakuan karena disana pasti ada, tapi ya sudah lah jilid biasa saja yang ada di situ. Tidak perlu perfeksionis kalau sudah mepet. Hehe.
Sampai rumah, makan malam, berdoa bersama istri dan anak-anak. Mereka mendoakan proses sidang hasil supaya berjalan baik besok. Terima kasih Tuhan untuk keluarga yang sangat mendukung. Setelah cek persiapan, malam itu aku tidur sangat cepat.

Tiba di kampus jam 06.00. Jalan masih sepi, apalagi parkiran kampus. Perjalanan pun dihabiskan dengan bernyanyi "Your grace finds me", by Matt Redman, lagu yang sangat powerful, supaya muka ga terlalu tegang.

Mau sarapan tapi tidak selera, akhirnya memakan beberapa roti unyil venus saja yang sudah dibawakan oleh istri, sekaligus dibawa untuk diberikan ke sekretariat jg. Jam 7.00 sudah tiba di ruang sekretariat. Cek presentasi, pasang dasi, cek perut, ya semoga sudah ok semua. Jam 07.30 sudah mulai rame sekretariat. Aku pun cek ke ruangan sidang, untuk persiapan presentasi. All set up.

Jam 08 Prof sudah masuk ruang sidang, disusul oleh Co-pro 1. Co-pro 2 belum datang, tapi sidang dimulai karena sudah memenuhi syarat.

Sidang dimulai dengan suasana yang agak berat. Suasana agak tegang. Aku diberi waktu presentasi 15-20 menit, sampai pada slide pertengahan. Prof hold presentasiku, dan mulai diskusi. Di sini pertanyaan-pertanyaan berat yg sangat esensial mulai ditanyakan. Aku terus terang gugup, volume suaraku mengecil, tatapan mata nanar, seolah ada batu besar menimpaku dalam seketika.

Sidang berjalan terus walau aku sudah tanpa pertahanan, aku tahu sudah banyak jawaban dariku yang harus dikoreksi dan diluruskan berulang-ulang oleh para promotor, masukan mereka sejujurnya ingin memperbaiki tata kelola disertasiku supaya dapat diluruskan dan diperbaiki dengan sebagaimana mestinya.

Ya, aku tetap berusaha menjawab, bertahan dengan sekuat tenaga. Aku coba tetap memaparkan apa yang sudah kukerjakan sampai detik ini.

Di akhir sidang, aku diminta keluar untuk diskusi para tim promotor. Sekitar 5 menit kemudian aku diminta masuk ruangan lagi, dan aku dinyatakan lulus dari sidang hasil. Tidak perlu adanya pengambilan data lagi, hanya proses pengolahan data harus diulang. Tim promotor minta aku benar-benar menyediakan waktu untuk proses perbaikannya. Saat ditanya apakah hari ini aku mengambil cuti, aku bilang ijin setengah hari. Prof dengan nada sedikit tinggi bilang "kau menganggap remeh kami semua, sudah hari ini cuti saja. Kamu tetap di kampus dan diselesaikan semuanya. "
Sebulan lagi aku diminta maju sidang tertutup.

Hari itu aku belum bisa tersenyum, walau semua tim promotor dan tim sekretariat menyelamati aku. Walau begitu banyak komentar di facebook untuk posting kelulusan sidang hasilku. Sidang hari itu selesai jam 10.30 pagi. Aku tetap di sekretariat sampai jam 16 sore. Kubelikan juga starbucks untuk sekretariat dan ibu. Dan sampai hari ini aku pun masih terus mengerjakan perbaikan untuk disertasiku.

Semoga bisa diselesaikan tepat pada waktunya.









You May Also Like

0 comment