Mesin cuci Samsung front loading WW85H5400EW terus bermasalah

by - July 13, 2016

Dari posting Februari 2015 semenjak pembelian, mesin cuci merk Samsung terus bermasalah. 
Merk Samsung, Front Loading, seri: WW85H5400EW

Sampai detik ini, permasalahan terus berlanjut. Bulan februari 2016 saya sampai minta mesin dibawa ke kantor samsung untuk dicek menyeluruh, karena saya tidak mau setelah lepas garansi terus bermasalahn. Stelah sempat dibawa ke kantor samsung, kembali tetap tidak ada perubahan, membuat listrik mati dan jepret.

Sebelum lebaran 2016, mesin cucinya meledak dan mengeluarkan asap. Telpon dan marah-marah lagi ke samsung service center yang di pusat, dan juga telpon lagi ke samsung service center yang di bogor. 2 hari kemudian teknisi datang.

Divonis motor mesin rusak. Ganti motor mesin, karena masih garansi 10 tahun. Setelah dipasang, listrik rumah langsung jepret. Jepreet lagi!!!! Masalah yang sama dari awal pembelian februari 2015. Padahal listrik di rumah sudah 3.500 watt. Memangnya butuh berapa watt ini mesin cuci???
Akhirnya teknisi dengan iseng cek PCB, ternyata katanya kapasitornya sudah tidak berfungsi.

Lah, ini masalah dari awal proses pembelian mesin, membuat listrik rumah jepret terus.
Akhirnya dicoba ganti dengan pcb spare part dari samsung, eh bisa hidup dengan normal mesinnya.
Saya lega, akhirnya walaupun setelah 1 tahun lebih permasalahan berhasil ditemukan.
Tapi tunggu dulu...
Eng ing eng, teknisi bilang bahwa penggantian spare part ini harus bayar hampir 900rb, karena sudah lewat masa garansi. Kontan saja gantian saya yang meledug. Saya bicara dengan samsung service center yang di pusat dan bogor, mereka tetap bersikeras bahwa saya harus membayar sejumlah uang.

Saya jelaskan duduk permasalahannya dengan sabar, bahwa permasalahan ini adalah permasalahan yang sudah sejak awal saya utarakan kepada samsung dari awal pembelian mesin, hingga teknisi bolak balik rumah saya untuk lakukan pengecekan. Samsung pusat bilang bahwa besok hari terakhir operasional karena libur lebaran, jadi tidak bisa ambil keputusan.
Saya lantas mendesak samsung bogor untuk tetap tidak mengambil spare part pcb dari mesin saya, supaya operasional tetap berjalan.
Bukannya saya tidak mau membayar, tapi saya rasa samsung harus "sedikit" bertanggung jawab terhadap permasalahan mesinnya yang tidak beres dari awal. Akhirnya samsung bogor bersedia membuat surat perjanjian di atas materai, walau tetap jika sudah ada keputusan setelah lebaran harus tetap membayar. Saya bersedia, karena itu memberi saya waktu supaya selama lebaran, dimana saudara-saudara saya 16 orang datang dari medan dan siantar, mesin cuci bisa tetap operasional.

Mesin cuci normal sejenak. Teknisi pulang. Sempat mencuci 2 babak dengan baik.

Lega...

Tiba-tiba...

Mesin berhenti berputar. Indikator waktu tetap bolak balik di menit ke 40-41, 13-14. Pakaian tidak basah di dalam, tidak juga dicuci. Curiga ada masalah lagi di motornya, padahal baru diganti. Otomatis, mesin cuci tidak dapat digunakan.

Akhirnya menghabiskan lebaran dengan mencuci tangan. 16 orang selama 1 minggu di hari lebaran dimana tempat cuci kiloan pun tutup, kami sekeluarga menderita karena mesin cuci samsung.

Hubungi samsung baru bisa tanggal 11 juli. Samsung pusat sudah menerima laporan. Samsung bogor mengirimkan teknisi tgl 12 juli sore hari. Setelah di cek, ternyata dudukan motor patah, sehingga v-belt dari motor ke tabung selalu lepas. Saya langsung telpon samsung pusat untuk mencatat hal tersebut juga, bahwa kemungkinan besar ada kelalaian pemasangan oleh teknisi sebelumnya yang mengganti motor. Pokoknya saya sampai cape menjelaskan tapi tak apa supaya kronologis jelas.

Akhirnya teknisi mengakali menggunakan kawat. Bisa bayangkan, mesin cuci front loading, yang harganya 8.5 juta, berumur 1 tahun 4 bulan, merk samsung, sudah rusak dan harus ditopang dengan menggunakan kawat. Astaga, sedih sekali mendengarnya. Padahal mesin cuci saya sebelumnya top loading samsung harga 1.5 jt, usia sampai 5 tahun berfungsi normal.

Dan saat ini menunggu keputusan dari samsung...
Yang pasti pengalaman ini sudah sangat buruk, usang, dan melelahkan....













You May Also Like

1 comment

  1. urusan begini mah gampang bos, cari aja email presiden direktur samsung indonesia, berkeluh kesah , tapi jangan marah,
    beres lah itu, beberapa kali punya pengalaman seperti ini, kalau bypass ke atasannya langsung beres

    ReplyDelete