Proposal Disertasi

by - April 27, 2016

Perjalanan menuju doktor masih panjang...

Ujian kualifikasi selesai pada tgl 12 maret 2016.

Pengumuman kelulusan pada tanggal 19 maret 2016. Puji Tuhan lulus, dan sudah bisa dinobatkan menyandang gelar Doctor Candidate hehehe. Aku mendapatkan SK untuk tim promotor, terdiri dari Prof. Har, Dr. Dyah, dan Dr. Ford. Puji Tuhan juga.

Tanggal 31 Maret 2016 adalah presentasi pertamaku untuk outline penelitian di depan tim promotor bertiga. Hasilnya Puji Tuhan, model penelitian disetujui, dan diminta segera menyelesaikan proposal dalam waktu 1 bulan ke depan.

Setelah itu, aku mulai menyadari, bahwa perjalanan penelitian ini tidak akan mudah, menyelesaikan studi doktor tidaklah mudah. Masukan-masukan dari tim promotor sangat konseptuan dan mengena, bahwa 90% mahasiswa doktor tidak bisa menyelesaikan penelitian, penelitian tidak perlu yang rumit dan wah, yang penting bisa selesai.

Aku mulai berkomitmen untuk membuka file draft proposal penelitianku SETIAP HARI, walaupun itu hanya menambah satu baris di dalamnya. Itu aku coba lakukan dengan komitmen. Terlebih dari tim promotor memberi saran outline penelitian yang aku tulis sebelumnya dalam bahasa inggris di change ke indonesia, supaya tidak menjadi hambatan dalam penulisan dan cek plagiat. Sehingga memang aku harus menuliskan ulang semua bab 1-3 di dalam outlineku untuk menjadi proposal penelitian.

Tanggal 26 April 2016 aku mendapat green-light dari tim promotor bahwa proposal penelitianku sudah OK, dan diminta untuk dicetak dan dimasukan untuk disahkan. Sabtu ini tanggal 30 April aku diminta ke kampus untuk membawa hardcopy untuk disubmit. Puji Tuhan! Padahal dalam hati, masih banyak kekurangan di sini-sana untuk proposal, tapi tim promotor sudah mengatakan hal tersebut cukup. Aku sampai info ke tim promotor bahwa masih merasa kurang di Bab 3, dan diminta sambil diberesin dan dikumpulin. Juga diminta ikut workshop path analysis, dimana ikut bersama angkatan kelas yang di atasnya.

Perjalanan ini masih panjang tentunya. Walau ada beberapa rencana, aku masih belum terpikir bagaimana mengumpulkan data. Sering yang terlintas justru ketidakmampuan aku nantinya menyelesaikannya apakah bisa atau tidak. Tapi justru di tengah ketidakmampuan ini, justru berusaha terus menimbulkan iman bahwa Tuhan akan membantu di tengah semua ketidakmampuanku untuk menyelesaikan ini.

Setiap pergi ke kuliah, aku mencoba untuk tetap menjaga semangat, spirit harus tetap tinggi, dan memotivasi diri, kadang dengan teriak-teriak di mobil untuk memicu adrenalin dan meningkatkan antusiasme diri sendiri. Di bawah ini contoh kegiatanku di dalam perjalanan menuju ke kampus untuk kuliah saat hari sabtu...

Sometimes i wanna give up
Sometimes i wanna give in
I wanna quit the fight

But when i look out you baby
Everything is alright
Everything is alright


Jika aku memulai bersama Tuhan, maka Tuhan juga yang akan memberikan kekuatan untuk menyelesaikannya...




You May Also Like

0 comment