S3 semester ke-2 sudah dimulai

by - October 13, 2015

Semester 2 untuk kuliah S3-ku sudah dimulai per 19 September 2015.

Fiuh, tidak terkatakan bagaimana perubahan hidup yang terjadi.

+Dipaksa membaca begitu banyak jurnal, membuat summary dan critical review yang cukup melelahkan.

+Sampai saat ini, aku sadar bahwa punya kelemahan merasa belum bisa membaca jurnal secara keseluruhan, sehingga kecenderungannya kadang gagal mendapatkan point penting dari suatu artikel.

+S3 memang lebih individualistis, kadang ada beberapa dosen bilang bahwa jangan terlalu baik di kuliah tapi keteteran di penyusunan disertasi.

+Memang dalam kuliah S3 ini lebih banyak mengkhayal. Tapi yang harus dilakukan selanjutnya adalah membumikan khayalan tersebut secara teoritis dan empiris. Pantas saja the thinker patungnya modelnya seperti itu.


Btw, nilai semester pertama sudah keluar. Not too bad dan not too good juga. Kadang bingung juga dengan teman kuliah yang sepertinya kok lebih telat dan masabodo ngumpulin tugas tapi mendapat nilai yang lebih baik. Well, above all those things, i give thanks to the Lord...



Semoga semester 2 ini bisa dilewati juga. Ini semester terakhir ada kuliah rutin ke kampus, setelah dari semester 2 harus mengumpulkan research outline, dan memilih Prof yang akan menjadi promotor untuk penelitian. Tuhan, mampukan aku yang tidak ada apa-apanya ini untuk bisa melewati semua badai, topan, gempa, kerikil, gerhana matahari dan bulan, jatuhnya bintang...

Hingga akhirnya nama Tuhan yang dipermuliakan...(2 Tesalonika 1:12)


You May Also Like

0 comment