Pruning

by - July 17, 2013



Tema hidupku dalam seminggu ini bisa dibilang adalah Pruning.

Artinya, aku coba memaknai artinya dan melakukannya dalam beberapa waktu terakhir ini.

Sebenarnya aku diingatkan dengan cara yang sederhana tentang hal ini oleh Tuhan. Well, tidak ada yang kebetulan, bukan? Justru kebetulan itulah seringkali cara Tuhan berbicara dengan kita.

Latar belakang kenapa "Pruning", aku dan istriku sedang muter-muter video Dong haeng yang mau jadi bahan ilustrasi ke murid-muridnya istriku. Kebetulan disitu ada yang temanya "Pruning". Diilustrasikan tokoh utamanya sedang menyirami bunga, kemudian saat ia tidur tumbuh ilalang yang bisa mematikan si bunga. Untungnya si tokoh terbangun dan segera melakukan pruning, yaitu memotong ilalang-ilalang sehingga tinggalah si bunga sendiri dan bisa tumbuh dengan baik.

Beberapa waktu kemudian setelah itu aku diingatkan lagi mengenai pruning ini, saat sedang pergi ke kantor, mendengarkan radio 96.3, disitu ada khotbah tentang bagaimana seseorang sebenarnya dapat memiliki kehidupan yang sesuai dengan tujuan Tuhan dan dapat berbuah banyak, yaitu dengan tetap 'stay connected' to God. Andaikata banyak hal pun yang hilang dalam hidup kita, apabila kita tetap connected, hidup kita akan berbuah.

Atas beberapa alasan di atas, terjadi beberapa kejadian yang aku alami. Di hari ulang tahunku aku dijanjikan akan dibelikan handphone S4 oleh istriku. Dia memang sudah menabung untuk hal itu, dan dia tahu bagaimana aku sudah sangat ingin mengganti gadgetku. Tapi entah kenapa, aku tidak bersemangat untuk hal itu. Pruning.

Kemudian lagi, tiba-tiba quota internet di kantor pun dibatasi. Sebenarnya aku yang mengeluarkan aturan itu, dan pada saat dijalankan, tanpa terkecuali aku pun terkena imbasnya. Tidak lagi bisa bebas untuk streaming dan download. Pruning.

Dan 'secara kebetulan' pulsa blackberry ku tidak mencukupi untuk meneruskan servicenya, sehingga service bbm dan browsing pun terhenti. Aku ter-disconnected dari dunia maya. Oh my God! Cara gampangnya memang tinggal isi pulsa dan aktifasi servicenya lagi. Tapi lagi-lagi aku diingatkan tentang hal ini, dan sampai tulisan ini aku ketik, aku belum aktifasi lagi paket bb ku. Pruning.

Proses ini berjalan belum satu minggu, tapi aku semakin mengerti dan memaknai arti kata Pruning.
Yohanes 15 bilang seperti ini: "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah."

Pruning di alkitab berkonotasi dengan membersihkan. Kadang di dalam hidup ini, terlebih aku berprofesi sebagai IT professional, terlihat mustahil jika hidup tanpa IT. Kadang kalau kita tidak bisa melakukan browsing, bbm, chat, download, kayaknya kok kaya orang freak. 
Itu yang aku alami beberapa hari ini. Aku dibersihkan. 

Kemudian aku coba maknai lebih dalam lagi, apa iya dibersihkan itu harus memutuskan hubungan dengan semua-semuanya itu, seperti bbm, internet, etc ??
Kegiatan membersihkan ini (pruning) ternyata juga sambil melihat apa saja yang masih berguna untuk digunakan. Hal ini seperti kalau kita membersihkan gudang, kita bukan hanya sekedar membuang barang-barang yang tidak terpakai, tapi juga kita memisahkan barang-barang apa saja yang masih bisa dipakai. 

Dan hal ini lah yang paling penting sebenarnya. Hidupku bisa lebih terseleksi. Mungkin setelah ini aku punya akses internet, tapi semakin aku mengerti akan kugunakan apa akses tersebut. Mungkin setelah ini aku aktifasi lagi bbm, tapi aku  semakin tahu hal itu untuk apa. Pruning is just like process to get back to the purpose of everything, which is to be fruitful.

 


You May Also Like

0 comment