Pedit

by - June 05, 2013



Satu hal lagi pemikiran hari ini.

Semakin banyak hal positif yang tidak gratis, dan semakin banyak hal yang tidak positif yang gratis.

Kenapa yah?

Jawabannya tentunya bukan karena orang-orang hebat yang berhasil menciptakan hal positif kekurangan uang. Juga bukan karena orang-orang yang goblok punya banyak uang dari karyanya yang hal negatif.

Kembali ke pertanyaan, kenapa ya?

Apa karena kita sudah semakin "pedit" (bahasa sunda yang artinya pelit) ?
Pedit membagikan hal yang baik dalam diri kita? Atau mau membagikan tapi harus dibayar?

Saya selalu berkaca pada sebuah sistem IT opensource yang banyak berhasil saat ini. Sebut saja: PHP, MySQL yang menjadi platform level atas dalam pembangunan aplikasi berbasis web. Mereka hidup dari social network antar para programmer yang saling sharing dan berbagi hal yang baik bagi mereka. Sebut lagi Zimbra sebuah email collaboration system yang opensource dan exist hingga saat ini menjadi sebuah platform kelas dunia.

Coba kita bisa sebutkan satu aplikasi social network yang berhasil apabila untuk register saja harus bayar? Tentunya tidak ada. Facebook, twitter, blogger, wordpress, dll memberikan gratis atau cuma-cuma untuk sebuah karya mereka yang boleh dibilang luar biasa. Google yang kasih gratis banyak hal mulai dari operating system, blog, email, search feature, and so many other applications.

And i just love the way they shifting on how they make the money!
Mereka tidak bergegas mengharuskan membayar di depan ataupun untuk semuanya. Mereka mengratiskan hampir semuanya untuk bisa kita gunakan. Hanya saja beberapa fitur yang memang menurut mereka khusus atau premium akan di kenakan biaya. See? Mereka ga pedit!

Bagaimana konteksnya dengan hal yang rohani?
Apa ada channel di youtube atau website yang kita boleh bilang "rohani" yang memproduce lagu-lagu rohani yang kualitasnya bagus, tapi dibuat gratis, opensource, atau tidak berbayar?
Kenapa untuk sesuatu yang baik dan bisa mengubah orang lain kita harus pedit dan sombong? Bahkan hanya untuk membiarkan orang lain mendengarkan atau menontonnya saja? Sedemikian sudah miskinnya kah kita?

Yeah, kita semua tahu lah semua manusia perlu punya penghasilan, perlu punya uang dari hasil karyanya. Semua hasil karya harus dihargai.
Everybody knows it.

Saya cuma berpikir, kenapa kita harus pedit?
Why not create something usefull for others, change their life, and it's for free.
Isn't it great things to do?
Apakah kita harus selalu mendapatkan gaji untuk semua hal yang kita lakukan?

Well...
Just a thought...
Give it away, and it will come back to you.
Once again, just a thought.

*pengen bikin lagu-lagu atau aransemen gratis yang bisa didownload orang-orang*

You May Also Like

0 comment