Renovasi Rumah

by - July 24, 2012

Akhirnya diputuskan untuk membangun rumah.

Renovasi rumah yang sekarang di tempati ini dimulai tanggal 16 Juli 2012.
Tanah rumah saya ini agak unik karena sebenarnya itu 2 rumah model 36/72 yang disatukan memanjang ke belakang. Jadi total tanah itu 6x24 m.

Untuk desain ruangan saya lakukan sendiri bareng dengan teman-teman kantor (Makasih ya mpak njan dan brondonk untuk diskusinya sampai berhari-hari).
Kontraktor adalah bapak tercinta (hehe). Jadi bapak juga yang mengatur pembelian bahan sampai gaji ke tukang. Budget semua di pool di bapak.
Tukang yang dipakai untuk ini adalah Pak Daud (Mr. David). Tukang yg cukup berpengalaman dan hasil kerjaan cukup baik.

Beberapa hal penting dalam membangun atau merenovasi rumah yg saya pelajari adalah:

  1. Kamar tidur utama dan anak usahakan punya akses jendela ke luar supaya kamar tersebut sehat. 
  2. Kalau anda merenovasi rumah, upayakan supaya layout tidak terlalu banyak berubah untuk hal-hal yang masih bisa diupayakan. Hal ini tentunya untuk menghemat waktu pelaksanaan dan biaya. 
  3. Hitung budget dengan bijaksana, sehingga desain bisa disesuaikan. 
  4. Gambar desain rumah anda dengan software yang sederhana namun bagus. Contohnya desain di bawah ini saya menggunakan www.floorplanner.com, software desain online yang gratis dan bagus.  Makasih to brondonk karena ngasih tau website bagus ini. Web lainnya masih banyak juga yg menawarkan hal yg sama.
  5. Kondisi rumah dengan split-level (ketinggian berbeda-beda) pun apabila di desain dengan baik, hasilnya bisa ok. 
  6. Upayakan memisahkan family area (ruang keluarga seperti kamar utama, kamar anak, ruang keluarga, ruang makan, toilet utama dan toilet tamu) dengan service area (ruang pembantu seperti kamar pembantu, toilet pembantu, ruang cuci baju). Sehingga privacy dalam sebuah rumah tetap terjaga harmonis. 
  7. Jangan lupa desain titik lampu, colokan, saluran buangan ac, dan saklar dengan baik, sehingga rumah anda bisa selesai dengan baik pula, tidak perlu ada bongkar pasang setelah tembok dan plafon jadi. Untuk hal ini, lebih baik titik tersebut berlebih daripada kurang.

Semoga renovasi rumah bisa berlangsung dengan cepat. Estimasi kurang lebih 6 bulan untuk pengerjaannya.


Rumah Itor 2012 (3D)




Rumah Itor 2012, Lantai 1


Rumah Itor 2012, Lantai 2
 

You May Also Like

0 comment