Virtualisasi

by - March 26, 2011

Hampir 1 bulan terakhir di kantor mengerjakan proyek Virtualisasi menggunakan VMWARE. Software virtualisasi yang paling yahud sedunia ini benar-benar mengubah sudut pandang infrastruktur IT dari yang sekedar fisik, menjadi virtualisasi. Server dibuat virtual, storage dibuat virtual, network juga virtual, high availability virtual, CPU virtual, memory virtual, semua serba virtual. Dalam 1 server fisik kita bisa punya puluhan bahkan ratusan server virtual. Bahkan sekarang saya hampir tidak tahu server virtual saya sebenarnya berada di server yang mana (mungkin memang saya tidak perlu tahu).



Saat ini jam 04:06 dini hari, saya baru saja menyelesaikan migrasi server Zimbra yang terinstall secara fisik ke VMWARE sebagai Virtual Machine. Cukup melelahkan migrasinya yang mulai dari jam 18:00, dan selesai baru sekarang. Anak buah 3 orang (Habib, Anton, Jhony) sudah terlelap saat saya tulis blog ini.
Beberapa kendala yang menghadang memang karena mailbox yang harus dibackup dan restore mencapai puluhan giga. Untungnya setelah migrasi ini selesai, nantinya melakukan backupnya tidak perlu terpisah-pisah seperti sekarang, tapi tinggal backup saja virtual machinenya, selesai!

Dan saatnya sekarang tidur dan memikirkan bagaimana besok pulang dengan tidak mengantuk, tentunya menyetir mobil tidak bisa secara virtual hehehe.

You May Also Like

0 comment