Aku ada karena keinginan Tuhan

by - August 19, 2010

Hari ini re-reading chapter #2 dari PDL. Seperti yang pertama, aku baca PDL di dalam mobil, di parkiran, sambil denger lagu "You Are" by Ron Kenoly and Darlene.

Tema hari ini adalah "Aku ada karena keinginan Tuhan". Sudah merupakan rencana Allah, bahkan sebelum dunia dijadikan. Pusat dunia ini adalah manusia, Allah menciptakan dunia karena IA merencanakannya untuk tempat tinggal manusia.

Aku jadi teringat dengan film SALT yang kemarin kami tonton (me & bidadari). Orlov mendidik anak-anak rusia sedari kecil untuk menjadi agent yang diproyeksikan menggantikan seorang amerika nantinya. Anak-anak rusia tersebut dididik bahasa amerika sebagai mother language, budaya amerika, dan semua perilaku mereka. Sampai suatu ketika sebuah peristiwa di design sehingga anak amerika mati dan digantikan oleh agent tersebut. What a perfect spionese! Dan ketika waktunya tiba Day X, maka si agent yang mungkin sudah 25 tahun, atau 50 tahun, seolah-olah menjadi si amerika itu, akan melakukan aksinya. Dalam hal ini si Salt (angelina jolie) ditugaskan membunuh presiden rusia dan presiden amerika.

Ibaratkan lah si Orlov ini Tuhan. Tuhan punya tujuan-Nya sendiri untuk hidup kita. Bedanya adalah misi yang Tuhan kasih bukan sesuatu yang buruk, tujuan Tuhan untuk hidup kita adalah baik. Kita dilatih, dididik, diberikan permasalahan, supaya kita dibentuk, berpikir, dan bertindak seperti penduduk surga. Kita dilahirkan untuk suatu tujuan Tuhan, bukan tujuan kita sendiri.

Salt pada akhir cerita punya kehendak bebas untuk mengikuti Orlov atau tidak.
Kita pun manusia diberi kehendak bebas, tinggal pilih mau proses yang mana dan berakhir dimana :)

You May Also Like

0 comment