Strategi Implementasi Zimbra + Contoh Proposal Implementasi Zimbra

by - December 08, 2009

Dalam Information System Strategic and Planning (ISSP), peninjauan terhadap perlu atau tidaknya suatu sistem diimplementasikan adalah apakah dapat mendatangkan profit bagi perusahaan. Dalam tahap implementasinya, profit ini ditinjau dari beberapa segi yang diurutkan berdasarkan prioritas dalam sebuah perusahaan/ enterprise:

1. Align with Business Strategy
2. High security
3. Reduce cost

Demikian juga dengan Zimbra. Apa yang ada dalam pikiran anda ketika ingin mengusulkan mengimplementasikan Zimbra di kantor anda? Gratis? Kalau hanya dari segi itu anda akan menuliskan proposal anda, maka siap-siap untuk ditolak mentah-mentah.

Penekanan pertama yang perlu kita lakukan di dalam penyusunan proposal dalam ISSP dalam hal ini implementasi Zimbra harus mencakup bagaimana Zimbra ini adalah sejalan dengan pertumbuhan perusahaan, sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani oleh perusahaan, dan bahwa Zimbra adalah pilihan yang paling tepat dari sekian banyak pilihan yang menawarkan hal yang sama. Ini adalah point pertama yang harus anda munculkan di dalam proposal anda. Top level management yang baik selalu melihat sisi baik dari sebuah inovasi, tapi tidak jarang mereka harus diyakinkan untuk mau mengimplemnetasikannya di dalam perusahaan mereka. Dan tentu saja, dalam kondisi seperti ini anda tidak bisa sekedar menawarkan sebuah sistem yang gratis dan yang tidak perlu bayar.

Kedua, kita harus mengutarakan bagaimana sistem Zimbra ini adalah sebuah sistem yang aman dimana data perusahaan akan aman, bahkan lebih aman dari sebelumnya. Di dalam hal ini saya sering blow-up mengenai Secure-Socket-Layer, yang mungkin di sistem sebelumnya tidak menggunakan hal tersebut. Ya, itu salah satu contoh yang bisa diambil dari sisi security dari banyak hal lainnya.

Barulah terakhir kita bicara mengenai Total Cost Ownership (TCO). Kalau sudah mengetahui bahwa sistem Zimbra ini cocok diimplementasikan di perusahaan, lebih bagus dari yang sebelumnya dengan peningkatan security, maka barulah kita bicara tentang gratisnya.

Implementasi sebuah sistem seringkali bukan hanya mengenai bagus atau tidaknya sistem tersebut, tapi bagaimana kita bisa mengakomodasi kepentingan perusahaan di dalam sistem tersebut. Anda bisa saja expert secara teknis mengenai 1001 sistem , tetapi tanpa menyentuh kepentingan perusahaan sama sekali hal tersebut akan menjadi percuma.

Selamat mengimplementasikan Zimbra.



Julbintor Kembaren

Writer currently taking a Magister Management in BiNus Business School majoring Business Management.
mailto:eethore@gmail.com





You May Also Like

0 comment