Mulai membuat lagu rohani karo

by - December 14, 2009

Hidup memang penuh warna.
Dari mulai SMA, aku sudah mulai menciptakan lagu. Kebanyakan lagu dalam bahasa indonesia dan english. Tingkat kesukaran dalam menulis lagu dibagi beberapa tahap:

  1. Menentukan tema lagu dan menyamakan persepsi konteks orang yang berbicara, apakah itu orang pertama, kedua atau ketiga. Konteks yang berbicara sewajarnya cukup satu. 
  2. Mencari nada yang unik, enak di dengar, dan sejalan dengan tema lagu.
  3. Menemukan kata dan kalimat yang cocok dengan tema lagu.
Lagu ciptaanku sudah lumayan lah, tidak banyak banget, tapi cukup lah. Sewaktu wedding, sejumlah lagu ciptaanku di recording, dan diabadikan dalam bentuk CD, untuk kemudian dijadikan souvenir.

Bulan yang lalu, aku dapat sms dari Mom. Isinya kurang lebih memberitahukan bahwa Bang Liembeng meminta aku untuk mengirimkan lagu untuk bisa diusulkan ke Penambahen Ende-enden GBKP. Semangat mendengar berita ini, aku lantas konfirmasi dengan Bang Liembeng dan memang benar. GBKP akan melakukan penambahan lagu-lagu di tahun 2010, dan ada kesempatan untuk mengirimkan lagu. Kitab Ende-enden ini mirip Kidung Jemaat hanya dikemas dalam bahasa karo.

Aku kemudian terbentur pada masalah lirik. Tidak terlalu pandai berbahasa karo cukup menjadi masalah bagiku, karena dengan demikian penguasaaan 'vocalbulary' kata-kata karo pun terbatas. Aku mencari-cari akal, bidadari mengusul agar mengambil saja total dari Alkitab bahasa karo. Ah iya, kenapa tidak, toh dengan demikian justru bahasanya sudah baku dan sejalan dengan Alkitab juga.

Setelah melalui proses yang cukup singkat untuk mencipta lagu ini karena kuliah term 3 ini pun dari hari senin sampai kamis, waktu tidak terlalu banyak diluangkan untuk hal ini. Deadline desember awal harus dikirim, akhirnya lagu yang tercipta hanya sempat 2 lagu. Ya, tidak apalah. Ini saja sudah bersyukur bisa selesai lagunya. Yang pasti ini adalah sebuah permulaan...

Untuk mendengarkan lagu-lagu ciptaanku ini dapat di streaming dari blog ini (ada di playlist panel sebelah kanan), atau bisa ke Facebook "Eethore & Chicha".

Semangaaaat !!!

You May Also Like

3 comment

  1. Semangat broer, gw jg pengen liat nama lo di buku lagu KJ-nya gereja Karo!

    ReplyDelete
  2. oh bang...

    aq abdhie medan nari....

    mesera kel ku akap download lagu mp3 rohani karo...

    adi banci bang kirim ken website na ku facebook ku bang...

    bujur bang

    ReplyDelete