pfSense

by - October 29, 2008

Baru-baru ini saya implementasi internet gateway baru menggunakan pfSense. pfSense itu distro freeBSD yang sudah diracik sehingga menjadi sebuah router, proxy, dan gateway yang mantab dan simple. Terlebih lagi, semuanya FREE alias GRATIS!

selama ini saya menggunakan ISA Server (bajakan) untuk gateway server. Kemudian sempat coba juga MIKROTIK (bajakan) yang cukup bagus juga. Tapi ya kendala dengan bajakan mikrotik yang terakhir2 ini, setelah semakin lama digunakan (sekitar 4 bulan) performa menurun dan semakin banyak gejala-gejala aneh seperti latency yang cukup tinggi dan tiba-tiba menjadi cepat lagi, dll.

Awal mencoba pfsense, saya takjub dengan simplicitynya. Dengan installer yang tidak cukup besar (sekitar 60MB), iso-nya bisa langsung di burn, dan di install di PC bekas yang punya 2 ethernet. Kapsitas HDD cukup 1 GB (walau saya punya 40GB di PC tersebut).

So far, internet gateway berjalan mulus sekali. Firewallnya pun berfungsi dengan baik. Bahkan takjubnya saya, package-package yang ditawarkan oleh pfsense ini mulai dari imspector, squid, squidguard, membuat firewall dan gateway saya semakin canggih saja.
Baru-baru ini saya pun implementasi OpenVPN di pfsense ini, dan dengan mempelajari sedikit saja, sudah dapat berjalan dengan baik. User-user di luar kantor bisa connect dengan LAN kantor dengan mudah. Proses NAT yang simple, Captive Portal yang memungkinkan kita mengenerate user dan berapa lama akses yang kita berikan (mirip voucher di hotspot).

Walaupun saya tidak dibayar oleh pfSense untuk promosi ini, tapi saya mengencourage temen-temen yang butuh internet gateway yang gratis dan bagus (saya bilang sih lebih bagus dari ISA Server yang berat dan Mikrotik yang ribet), coba pakai pfSense.

bisa di download di www.pfsense.org

selamat mencoba!

--
www.eethore.com
::faith is seeing the unseen, believing what others not::

You May Also Like

3 comment

  1. om... seting captive portal di pfsense gimana sih?

    apakah semua user lewat captive portal dulu baru bisa browsing?

    kantor ane juga pakai pfsense sejak 3 tahun yg lalu, tapi belum pakai packages2nya... skrg ini aja baru pasang squid dan imspector. tapi masih bingung yg imspector ini.

    ada ym gak?

    ReplyDelete
  2. mohon pencerahanya cara menambah hd di pfsense supaya proxynya makin yihui :D

    ReplyDelete